Rabu, 16 Februari 2011


STRUKTUR DASAR HTML
HTML singkatan dari Hypertext Markup Language merupakan script untuk menyusun dokumen-dokumen Web. Dokumen HTML disimpan dalam format teks regular dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan.
Struktur dasar dokumen HTML adalah sebagai berikut :
< html>  
<head>
 <title>Disini Judul HTML</title>
  </head> 
<body>
 Disini Penulisan informasi WEB
 </body>
 </html>
Tag adalah teks khusus ( markup) berupa dua karakter “ < ”dan “ > ”, sebagai contoh adalah tag dengan nama body
Secara umum tag ditulis secara berpasangan yang terdiri dari tag pembuka dan tag penutup ( ditambahkan karakter “ / ” setelah karakter “ < ”)
Sebagai contoh , ini adalah tag pembuka isi dokumen HTML, dan tag penutup isi dokumen HTML
<html>
 <head>
 <title>Disini Judul Dokumen HTML</title>
 </head> 
<body>
 Disini penulisan informasi web
 </bodi> 
</html>

Element
Element terdiri dari tiga bagian, yakni tag pembuka, isi dan tag penutup. Contohnya untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana terletak di antara tag dan tag .
<html>
<head>
 <title> Di sini Judul HTML</title>
 </head>
 <body>
 Di sini penulisan informasi web
 </body>
 <html>

Element Body untuk menampilkan isi dokumen HTML. Tag dan tag terletak di bawah tag dan element body memiliki atribut –atribut yang menspesifikasikan khusus warna dan latar belakang dokumen yang akan ditampilkan pada browser.
Attribute text memberikan warna pada text, bgcolor memberikan warna pada latar belakang dokumen html, background memberikan latar belakang dokumen HTML dalam bentuk gambar, link memberikan nilai warna untuk link, alink memberikan warna untuk link yang sedang aktif, vlink memberikan warna untuk link yang telah dikunjungi.



Dalam dunia internet kita selalu mendengar istilah web. Istilah ini sebenarnya adalah istilah pendek dari World Wide Web ( disingkat www). Web ini adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier ( URI ). Web sering dianggap identik dengan internet dan merupakan bagian dari internet tersebut. Halaman web biasanya diatur dalam koleksi material yang berkaitan yang disebut dengan situsweb. Monitor menampilkan halaman web dari suatu server web yang diambil informasinya oleh browser web.
Halaman web merupakan file teks murni ( plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka atau dilihat dengan internet browser. Kegiatan pemindahan halaman untuk pindah ke dokumen lain atau bahkan mengirim informasi kembali kepada server untuk berinteraksi dengannya sering disebut dengan surfing atau berselancar. Halaman-halaman dari sebuah situs internet atau web diakses dari sebuah URL ( Uniform Resource Locator ) yang menjadi akar ( root ) yang disebut homepage dan biasanya disimpan dalam server yang sama
Internet Web Browser
Browser adalah sebuah program aplikasi atau software yang merequest dokumen dari computer-komputer yang terkoneksi internet ( server ) di seluruh dunia dan menampilkan informasi dari dokumen tersebut pada window browser.. Browser memampilkan sesuai intruksi ( format ) HTML yang dibuat pada dokumen tersebut.
Konsep pemrogrmanan web adalah membuat aplikasi berbasis web. Aplikasi berbasis web dibuat dengan memanfaatkan mekanisme dan aplikasi yang sudah ada pada sistem web (www). Sistem web sebenarnya merupakan aplikasi yang berarsitektur client-server. Pemrograman web menggunakan protocol HTTP ( HyperText Transfer Protocol ) dalam komunikasi antara client dan server yang mempunyai fungsi untuk mengambi atau menjalankan isi file dokumen web di sisi server dan menampilkannya di sisi client.

Server berfungsi menyediakan dokumen web, mengeksekusi dokumen web yang bersifat server side ( php, asp, jsp ) dan menerjemahkan ke dalam bentuk yang bisa dipahami oleh web browser di client, memiliki service ( program ) web server ( IIS, Apache dan sebagainya ) memberikan respon ke client.
Client berfungsi mengambil dokumen web, mengeksekusi dokumen web yang bersifat client side ( javasript, html, css). Memiliki web browser untuk menerjemahkan dokumen web ke bentuk yang “manusiawi”, mengrimkan request ke server.

Sejarah Word Wide Web
·         Tahun 1945 oleh Bush dan tahun 1960 oleh Nelson diketemukan hypertext
·         Awal tahun 90-an, tim Berners-Lee menciptakan Hypertext Markup Language ( HTML )
·         Tahun 1994 Andressen bekerja untuk Netscape dan membuat netscape Navigator, browser grafis popular pertama.
·         Tahun 1995 Mocrosoft membuat Internet Explorer ,yang sekarang sudah berkembang lagi Mozilla FireFox, Opera, dan lain sebagainya.
Membuat sebuah Aplikasi berbasis web artinya memperkaya fungsi web server dengan cara menambahkan program pada dokumen web yang akan dieksekusi oleh server ketika file dokumen web tersebut diakses oleh web server serta memperkaya interaktifitas dokumen dengan cara menambahkan program pada dokumen web yang akan dieksekusi oleh web browser ketika file dokumen tersebut ditmapilkan oleh web browser.
Dengan belajar pemrograman web kita akan mengerti bagaimana komponen-kompoen web bekerja sehingga kita akan dapat ;
Membuat web sendiri
Membetulkan error dari suatu web
Belajar hacking
Web bekerja dengan cara user mengetik URL di internet Browser. Kemudian browser akan menghubungi server yang tersebut pada URL. Setelah terhubung, browser mengirimkan HTTP request. Server menjawab dengan mengirimkan HTTP response ( berisi header dan isi dokumen). Untuk dokumen yang berisi beberapa file ( misalnya dokumen bergambar ) browser harus mengirimkan HTTP request lagi ke setiap file. Selanjutnya Browser akan menampilkan semua isi dokumen kepada user.

Untuk mengelola content website diperlukan CMS ( Content Menagement System), Misalnya Joomla, Wordpress, Drupal dan lain-lain.
Manfaat dari CMS adalah :
Mengatur data
Semua informasi baik yang telah ditampilkan ataupun belum dapat diorganisasi dan disimpan secara baik.
CMS juga mendukung berbagai macam format data seperti XML, HTML, PDF dan lain-lain, indexing, fungsi pencarian dan control terhadap revisi yang dilakukan terhadap data/informasi.
Mengatur siklus hidup website
Banyak CMS memberikan fasilitas kepada para penggunanya untuk mengelola bagian atau isi mana saja yang akan ditampilkan, masa/waktu tampilan dan lokasi tampilan di website.

Mendukung web templating dan standarisasi
Setiap halaman website yang dihasilkan berasal dari template yang telah terlebihi dahulu disediakan olh CMS. Selain dapat menjaga konsistensi dari tampilan secara keseluruhan.

Personalisasi website
Isi web dapat ditampilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya.

Sindikasi
Memberikan kemungkinan kepada sebuah website untuk membagi isinya kepada website-website lainnya.



Akuntabilitas
CMS mendukung alur kerja dan hak akses yang jelas kepada para penggunnya, sehingga data/informasi yang disampikan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.
CMS dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan dan dalam berbagai kondisi seperti untuk :
Mengelola website pribadi
Mengelola website perusahaan.bisnis
Portal atau website komunitas
Galeri foto dan lain sebagainya
Forum
Aplikasi E-Commerce
Dan lain-lain



BLOG
Berita ( news ) pada abad 20 diproduksi secara profesional. Apa yang muncul di media cetak atau di broadcast ditentukan oleh sekelompok kecil orang. Berita yang dilaporkan dalah berita yang mainstream, umum dan terbatas dalam berita : internasional, Olah raga dan politik. Dengan hadirnya WEBLOG (disingkat blog ) setiap orang bisa menjadi reporter dan penerbit dengan gratis, sehingga berita tidak lagi terbatas pada international, Olah raga, dan politik. Sehingga pada abad 21 berita sudah bersifat profesonal dan personal. Blog banyak macamnya misalnya blog Bisnis, Blog Keluarga atau Blog Organisasi, Blog Politik, Blog Kesehatan, Blog Personal, Blog Pendidikan, Blog Agama, Blog Media.
Blog merupakan website pribadi dalam format kronologis terbalik ( yang terbaru di atas ) yang di update secara kontinyu oleh pemiliknya. Secara teknis blog adalah teknologi yang memudahkan seseorang untuk menerbitkan materi, apakah itu berupa teks, grafik, audio maupun video ke internet secara mudah cepat dan murah dengan fitur-fitur otomatis seperti pengarsipan dan fasilitas feedback yang berupa area untuk memberi komentar.
Blog adalah istilah yang ditemukan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997 digunakan untuk menyebut situs-situs yang berupa catatan harian seseorang websurfer, dimana sang websurfer menuliskan catatan dan link setiap hari ke website yang dia temukan dan kunjungi disertai dengan komentar dan opini mereka tentang website lain tersebut.

DEFINISI BLOG
Situs web yang berisi kumpulan tulisan yang disusun secara kronologis
Ada format sindikasi seperti RSS dan ATOM
Biasanya memilki fasilitas komentar, trackback dan atau pingback
Tulisannya dibuat dari sudut pandang penulisannya ( blog bukanlah jurnalisme atau press release )
Penulisan blog dibantu oleh CMS ( Contens Management System )
Sebuah blog adalah situs web yang mudah digunakan dan dapat dengan cepat memposting pemikiran, berinteraksi dengan orang lain dan banyak lagi keuntungannya.

Keuntungan menggunakan blog :
Mudah dibuat, cocok untuk semua user dan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan pada setiap profesi.
Send of Purpose, blog dibuat sesuai tujuan dan kebutuhan.
Melatih berfikir, menyampaiakn pendapat, pengalaman dan menulis, sehingga dapat dijadikan sarana edukasi dan pemberdayaan.
Membentuk komunitas blogger, Dapat saling berbagi ekspresi dan informasi secara tertulis dan berdiskusi mengenai blog dan permasalahannya.
Media komunikasi baru di internet yang popular dan gratis
.
Publik menyukai blog dengan alasan ;
Interaksivitas ( komentar, trackback dan pingback )
Sindikasi
Informasi didapat langsung dari sumbernya
Siapapun bisa membuat blog dengan isi apa saja tanpa harus melalui birokrasi yang berlelit-belit.
Sehingga blog sangat tepat untuk :
Mengkampanyekan sebuah isu atau program
Berita tentang sebuah event atau organisasi atau komunitas
Blog dengan topic tertentu
Personal Writing dan Collection

Namun kita juga harus memperhatikan :
Perubahan paradigm tentang keterbukaan
Perlindungan privasi atau data pribadi
Tidak diperbolehkan mengancam, menipu, berbohong, mempitnah dan meyebarkan kebencian.
Pada masa yang akan datang blog dapat memanfaatkaan teknologi seluler untuk menulis blog Mobile Blogging ( Moblogging ) dengan audio blogging ( blog dengan format audio ), Photoblogging ( blog dalam format foto ), video blogging ( blog dalam format video ), Podcasting ( perpaduan antara teknologi sindikasi dan audio/videoblogging sebagai implementasi pengiriman konten dengan metode pull.
Dari waktu ke waktu jumlah pemilik blog dan pembaca blog semakin meningkat, dan pengguna internet banyak yang membaca blog. Banyak blog-blog baru dibuat setiap waktunya dan lusinan blog membuat laporan pandanagn mata tetang peritiswa d dunia.
Fenomena blog berkembang sangat cepat dan suka atau tidak suka penulisan blog tidak dapat dicegah dan sebenar ini dapat dimanfaatkan untuk kemajuan dan efek negative yang mungkin dapat ditimbulknannya harus dapat dicegah. Maka dalam penulisan blog kita harus yakinkan bahwa tulisan tidak menyinggung orang lain atau menyingung unsur SARA.
Tulisan terbaru dalam blog kita akan berada di posisi paling atas dan jika kita menuliskan entri baru maka tulisan sebelunnya akan begerser ke bawah. Dengan blog kita akan dapat berkomunikasi 2 arah dengan pembaca. Jika kita telah memiliki blog, maka alamat blog kta harus diketahui oleh teman, relasi, kolega, mahasiswa supaya mereka dapat mengakses blog kita. Namun kita juga dapat membuat link dari weblog dengan search engine ( SE ) google, sehingga jika pengguna internet mau mencari artikel yang berhubungan dengan dokumen yang kita miliki cukup mengetik kata kuncinya pada SE. Saat pencarian melalui search engine ( SE ) google kemunculan artikel dari blog kita sanggat bergantung pada seberapa banyak artikel kita telah dikunjungi orang. Oleh sebab itu kita harus mengabarkan alamat weblog pada teman, relasi, kolega , mahasiswa dll.

Kesimpulannya
Blog adalah bagian dari media baru yang bersifat personal dan social ( social media )
Blog memberi kita atau siapa saja, kekuatan sebuah media dan memungkinkan kita untuk memproduksi media personal yang dengan peminat dari audiens-audiens yang kecil.
Besar kemungkinan ada teman, keluarga, orang lain di luar sana yang tertarik dengan apa yang ingin kita sampaikan di blog


Rabu, 02 Februari 2011


Komputer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak.
 Perangkat keras berfungsi untuk memproses fakta dan data menjadi informasi, sedangkan perangkat lunak berfungsi untuk mengatur pemrosesan fakta dan data menjadi informasi.
Bentuk perangkat lunak
Bentuk perangkat lunak berupa Aljabar boolean yang direpresentasikan sebagai binari digit bentuk 0 atau 1,lalu kode-kode tersebut digabungkan menjadi instruksi aritmatik, logika, dan instruksi mnemonic,kemudian intruksi mnemonic di gabung kembali menjadi bahasa pemrograman.
Bahasa Pemrograman
Bahasa adalah suatu sistem untuk berkomunikasi . Bahasa tertulis adalah suatu sistem komunikasi dengan menggunakan simbol/huruf untuk membentuk kata. Dalam ilmu komputer bahasa manusia disebut bahasa alamiah ( natural languages), tapi komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer.Bahasa komputer adalah bahasa pemrograman.
Bahasa pemrograman ada 3 level:
1.      Level rendah,adalah level bahasa yang mendekati level bahasa mesin,instruksi yang diberikan akan langsung dipahami oleh komputer. Pada level ini program yang diinstruksikan berupa angka-angka kode  heksa atau biner.
2.      Level menengah, merupakan level bahasa gabungan antara instruksi mesin dengan instruksi yang mulai mendekati bahasa manusia berkomunikasi, contoh bahasa assembler dan bahasa C.
3.      Level tinggi, adalah bahasa pemrograman yang mendekati instruksi manusia berkomunikasi, contoh pascal, delphi, visual basic, atau oracle.
Sistem bilangan adalah suatu cara untuk mewakili besaran suatu item fisik.
Manusia lebih banyak menggunakan sistem bilangan desimal(10 macam simbol ).
Komputer memahami elemen dua keadaan ( two state element), yaitu off (tidak ada arus) dan on (ada arus ), dikenal dengan sebutan sistem bilangan binari (dua macam simbol) juga menggunakan sistem bilangan oktal dan sistem bilangan heksadesimal.. Sedangkan manusia lebih banyak menggunakan sistem bilangan decimal ( 10 macam symbol ). Bilangan decimal adalah bilangan yang berbasis 10 macam bilangan yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Bilangan Binari terdiri dari 2 macam symbol bilangan yakni 0 dan 1. Bilangan octal terdiri dari 8 simbol bilangan yakni 0,1,2, 3, 4, 5, 6, 7 dan bilangan hexagonal terdiri atas 16 macam bilangan yakni 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F.
Perkembangan bahasa pemrograman dimulai dari bahasa mesin, low level language, High level language, Deklaratif dan object oriented. Perkembangan bahasa pemrograman generasi I ( bahasa mesin ) dimulai pada tahun 1945 oleh Mauchly dan Eckert mengunakan kode biner 0 dan 1. Bahasa generasi ini rumit, sulit dihafal dan lama. Kemudian dikembangakan dengan bilangan octal dan hexadecimal.
Sedangkan bahasa pemrograman generasi kedua low level language merupakan penyempurnaan dari bahasa mesin. Dalam bahasa ini mulai menggunakan bahasa inggris meskipun masih dalam bentuk singkat dan mesin dependent. Penulisan bahasa assembly sudah jauh lebih mudah dibandingkan dengan bahasa mesin, namun masih terlalu sulit bagi orang awam yang tidak memahami perangkat keras computer, karena beberapa variable masih mengacu ada register, alamat memory maupun port I dan O
Bahasa pemrograman generasi ketiga high level language telah mesin independent dan diikuti oleh bahasa pemrograman basic. Cobol, Pascal, Algol, Prolog dan lain-lain. Pemrosesan program oleh komputer meliputi compilation, Link dan execution.
Pada bahasa pemrograman dengan bahasa pemrograman generasi keempat ini jauh lebih mudah ditulis karena intruksinya sudah sangat mendekati bahasa percakapan sehari-hari. Contohnya misalnya Dbase, SQL ( Structured Query Language )
Pada bahasa pemrograman generasi kelima Object Oriented language menggunakan Simula, SmallTalk, Ada, C++, atatu Java
Pengertian program komputer
Program komputer merupakan susunan intruksi yang harus dikerjakan oleh komputer. Disebut juga dengan perangkat lunak ( software ). Dalam membuat program komputer melalui langkah-langkah sistematis dalam pembuatannya yakni :
1. Mendefinisikan permasalahan dan membuat rumusan untuk pemecahan masalah
Dalam membuat program harus menengerti dengan baik mengenai permasalahan apa yang ingin diselesaikan seperti :
a. Bagaimana hubungan antara data input dengan hasil pengolahannya
b. Bagaimana data input dengan pengolahannya
c. Bagaimana hubungan antara output dengan pengolahannya
d. Bagaimana struktur pengolahannya
Sebagai contohnya kita ingin menghiutng luas segitiga maka kita harus memasukkan alasnya. Tingginya, memproses dengan formula 0,5 X alas x tinggi maka akan didapat luas segitiga dari hasil pengolahan di atas. Contoh yang lain jika ingin membuat telur goreng maka inputnya adalah telur dan minyak goreng sedangkan outputnya adalah telur goreng yang siap dimakan. Pengolahannnya menyiapkan telor, menyiapkan minyak goreng, masukkan minyak dalam wajan dan dipanaskan dengan kompor, masukkan telur dalam wajan, masak selama lebih kurang 5 menit, telur diangkat dan siap dimakan.
2. Implementasinya
Dalam langkah ini telah mulai melibatkan bahasa pemrograman yang ingin digunakan. Di dalam mengimplementasikan algoritma akan menentukan bahasa pemrograman apa yang cocok atau ingin digunakan. Algoritma adalah urutan langkah-langkah yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Algoritma berasal dari nama Abu ja’far al Khowarizmi ilmuwan Persia yang menulis kitab Al Jabar w’al-moqobala sekitar ahun 825 M. Algoritma merupakan urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah. Algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk memecahkan masaalah, jadi algoritma aharus mengikuti urutan-uritan tertentu tidak boleh melompat-lompat. Dalam bidang computer algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman terutama dalam komputansi numeris. Tanpa algoritma yang dirancang baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien.. Algoritma ini diperlukan untuk memerintahkan computer mengambil langkah-langkah tertentu untuk menyelesaikan masalah. Agar algoritma dapat memerintah komputer, maka diubah menjadi bentuk program melalui proses pemrograman. Suatu algoritma yang baik harus menghasilkan output yang tepat guna dalam waktu yang relative singkat dan menggunakan memori yang sediki dengan langkah yang berhingga dan prosedurnya berakhir baik dalam keadaan diperoleh suatu solusi ataupun tidak ada solusinya. Penulisan algoritma harus menggunakan bahasa natural, menggunakan pseudocode dan flowcart.
Tahap-tahap dalam analisis algoritma :
a. Bagaimana merencanakan algoritma
b. Bagaimana menyatakan suatu algoritma
c. Bagaimana fasilitas algoritma
d. Bagaimanaa mengalisis suatu algoritma
3. Kompiling
Tahapan pemeriksaan terhadap program yang disusun yang akan dilakukan oleh computer dengan menggunakan prosesor program. Prosesor program berfungsi sebagai alat atau program yang akan menterjemahkan program yang dimasukkan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer
4. Menguji coba dan membuat dokumentasi.
Setelah selesai compiling langkah selajutnya yaitu menguji program tersebut apakah telah berjalan sesuai dengan tujuannya untuk memberi solusi dari suatu permasalahan. Bila program belum berjalan dengan baik, maka perlu mengkaji kembali rumusan yang telah dibuat pada langkah pertama, serta memperbaiki implementasi program yang mungkin keliru. Untuk memudahkan dalam memeriksa kesalahan suatu program ataupun memahami jalannya program, perlu membuat dokumentasi darip rogram yang dibuat. Dokumentasi ini berisi informasi mulai dari tujuan, algoritma program dan cara menggunakannya.

Algoritma adalah sejumlah langkah komputansi yang mengubah masukan ( input ) menjadi keluaran (output) yang benar. Algoritma diimplementasikan dalam bahasa pemrograman tertentu.
Delphi adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat apllikasi berbasis antarmuka grafis di lingkungan sistem operasi Microsoft Windows. Dibuat oleh Borland Software Corporation sejak tahun 1993 dengan bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa Pascal. Delphi berguna untuk membuat program seperti program untuk hitungan, pengolahan data maupun menganalisis gambar. Delphi merupakan bahasa tingkat tinggi ( high Level Langauage) sekelaas dengan bahasa Pascal, Basic dan C. Bahasa yang digunakan dalam Delphi procedural yang berarti mengikuti urutan tertentu, dan perintahnya dapat dilakukan dengan visual. Pemrogram tinggal memilih objek apa yang ingin dimasukkan ke dalam Form windows, lalu tingkah laku objek saat menerima event/aksi tinggal dibuat programnya. Delphi merupakan bahasa berorientasi objek, artinya objek, property dan metode dikemas menjadi satu kemasan.
IDE dalam Delphi
Ide adalah tempat untuk membuat aplikasi mulai dari :
  1. Mendesain antar muka
  2. Menulis kode program ( coding )
  3. Menjalankan program ( running )
  4. Mendebug
  5. Menkompilasi ( compile )
  6. Menyebarluaskan apilkasi yang dibuat ( deploy )
Ada beberapa hal penting adalam Delphi diantaranya :
  1. menu bar. Menu bar adalah merupakan tempat menggulung ( Pull Down ) menu-menu perintah. Sebuah menu terdiri dari beberapa daftar perintah ( menu command). Di sebelah kiri masing-masing perintah terdapat sebuah ikon yang menggambarkan fungsinya.
  2. Tool bar adalah sekumpulan tombol yang dapat digunakan unntuk melakukan suatu perintah. Fungsi Tool Bar sama dengan menu bar namun keunggulannya adalah cepat diakses untuk menjalankan perintah tertentu. Komponen palete adalah digunakan untuk mengumpulkan komponen-komponen Delphi. Komponen Delphi dibagi menjadi beberapa jenis : komponen visual komponen yang terlihat pada saat proses mendesain aplikasi maupun setelah aplikasi dijalankan. Komponen nonvisual komponen yang hanya terlihat pada saat proses mendesain aplikasi, namun tidak dapat terlihat pada saat dijalankan
  3. Form designer atau Form adalah tempat meletakkan kompnen-komponen palete saat membuat desain antar muka aplikasi secara default akan tampil secara otomatis ketika menjalankan program.
  4. Kode editor adalah tempat untuk menuliskan kode-kode program. Di dalam kode editor telah ada beberapa baris yang dibuat Delphi secara otomatis, di tempat inilah menyisipkan atau menuliskan kode-kode program secara lengkap.
  5. Oject Inspector. Digunakan untuk mengubah property komponen terpilih yang berada dalam form. Ada 2 bagian utama pada object inspector, yaitu properties dan event. Pada setiap bagian terdapat terdapat dua buah kolom yakni kolom sebelah kiri merupakan namma-nama property atau evet dan kolom sebelah kanan adalah nialai-nilai yang diisikan pada properti atau evet yang bersangkutan.
  6. Object Treeview yang berfungsi untuk memampilkan berbagai komponen yang digunakan pada saat membuat aplikasi yang ditampilkan dengan struktur pohon. Dan komponen Delphi adalah jantung bagi pemrograman visual, Dibagi menjadi berbagai jenis komponen diantaranya Standard, Additional, Win 32, System, Data Acces, Data control, BDE, ADO dan lain-lain.
Sebuah proyek adalah sebuah kumpulan file yag diperlukan untuk membangun sebuah aplikasi. Beberapa file ini akan dibuat pada saat proses mendesain aplikasi, sedangkan beberapa lainnya dibuat saat proses kompilasi source code.
Sebuah proyek Delphi akan terdiri dari beberapa file antara lain file yang menyimpan program file yang menyimpan binary gambar dan lainnya. Karena setiap aplikasi terdiri dari beberapa file, sangat disarankan agar menyimpan sebuah aplikasi pada sebuah folder.
Reversed word adalah kata-kata baku yang digunakan dalam pemrograman dan sudah terintegrated dalam Pascal yang mempunyai bentuk serta kegunaan tertentu yang telah didefinisikan Delphi. Reserved word tidak boleh didefinisikan kembali oleh pemakai, sehingga tidak dapat digunakan sebagai pengenal ( identifier )
Agar program aplikasi dapat dijalankan tanpa mengunakan program Delphi perlu dibuat file exe untuk program aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan ;
  1. Sebelum membuat file exe dari proyek terlebih dahulu proyek disimpan. Untuk menyimpannya dengan mengklik icon save atau save all
  2. Selanjutnya mengkompilasi proyek dengan mengklik menu project lalu klik Compile ( nama proyek )
  3. Nama proyek yang kita buat adalah project 1, setelah itu klik menu Build ( nama proyek Anda )
  4. File exe tersebut berada di derektori tenpat proyek tersebut dibuat.
Dalam penulisan pada Delphi harus memenuhi aturan-aturan sebagai berikut :
  1. Bahasa Pascal menggunakan huruf ( aAzZ), angka ( 0…9) dan symbol khusus ( +-*/=^<>(){},.;’#$ )
  2. Tidak dibedakan penulisan menggunakan huruf kapital maupun huruf kecil
  3. Penulisan kode bisa dimulai dari kolom berapa saja dan bisa memanjang sampai kolom beberapapun.
  4. Setiap akhir pernyataan diakhiri dengan tanda titik koma ( ; )
  5. Akhir program atau unit ditandai dengan penulisan tanda titik ( . )
  6. Komentar program ditulis di belakang tanda double slash // hingga akhir baris atau ditulis dengan tanda (“”)
Tipe data
Ada enam jenis tipe data pada Borland Delphi yaitu :
  1. Tipe sampel : terbagi atas dua tipe yaitu : Tipe ordinal ( Tipe Integer, Tipe Character, Tipe Boolean, Tipe Enumerated, Tipe Subrange ), Tipe real
  2. Tipe String
  3. Tipe Structured
  4. Tipe Pointer
  5. Tipe Prosedural
  6. Type Variant